Membedah Beat Esp dengan Beat PGM-FI

Kalo dilihat secara tampilan antara Beat ESP dengan Beat PGM-FI mungkin hampir terlihat sama baik secara bentuk dan design bodi, namun kalo dilihat dari bagian dalam bagaimana yah ? jadi penasaran ingin melihat-lihat. Untuk metode intip model Beat ESP dengan Beat PGM FI saya melakukan hanya berdasarkan dari Part catalogue Beat ESP dengan Beat PGM-FI. Nah Sekarang Kita akan coba cek dari bagian ke bagian :

Cylinder Head dari keduanya kalo dilihat secara komponen sepertinya tidak ada penambahan, namun ada satu part yang saat ini dijadikan satu namun secara fungsi mungkin tidak ada perbedaan. Untuk part yang dimaksud adalah “Sensor Oxygen dan Cord Comp Oxygen Sensor” dimana pada Beat ESP komponen tersebut sudah menjadi satu dengan kode part “36532-K50-T01” sedangkan pada motor Beat PGM-FI komponen terpisah dengan kode part “36532-K16-901” dan “36533-K16-901”

Sensor Oxygen

Camshaft & Valve kalo dilihat pada bagian ini ternyata memang ada penambahan komponen, namun penambahan sendiri signifikan namun memiliki fungsi yang cukup baik. Untuk komponen yang dimaksudkan adalah “Bolt Flange 5×12” yang difungsikan untuk mengikat “shaft in dan ex roker arm”. Tapi kenapa yah pada beat PGM-FI tidak menggunakan bolt tersebut sedangkan pada Beat ESP menggunakan Bolt tersebut. Ada yang tahu maksudnya ?

Camshaft

Cylinder, melihat spesifikasi dari kapasitas mesin antara Honda Beat ESP dengan Beat PGM-FI keduanya tidak berbeda 110 cc, namun bila melihat dari design dan kode part keduanya ada perbedaan yaitu :

  1. Cylinder Honda Beat ESP memiliki kisi-kisi udara hanya ½ bagian dari cylinder dengan kode part “12100-K25-600”
  2. Cylinder Honda Beat PGM-FI memiliki kisi-kisi udara yang melingkari seluruh Cylinder dengan kode part “12100-KZL-930”

Apakah komponen Cylinder Beat ESP memiliki material yang bisa mengurangi panas yang lebih unggul dibandingkan dengan Beat PGM-FI sehingga untuk kisi-kisi udara dibuat lebih sedikit. Dan apakah untuk kedua part tersebut apakah bisa diaplikasikan atau tidaknya baiknya coba konsultasikan dengan mekanik ajah, namun kalo melihat dari bentuk sepertinya dapat diaplikasikan (mohon bila ada yang sudah ganti komponen ini bisa sharing apakah bisa diaplikasikan atau tidak)

Cylinder

Untuk Bedah dari Beat ESP dengan Beat PGM-FI sampai sini dulu yah kita sambung pada episode selanjutnya biar bacanya enak dan ga kebanyakan hehehe..monggo bagi teman-teman yang punya pengalaman dengan jeroan dari Beat ESP dan Beat PGM-FI bisa sharing disini.

Desmotoblog

Iklan

Penulis: desmotoblog

Belajar mengubah sikap menjadi lebih baik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s