Apakah salah Mudik dengan sepeda motor???

Berdasarkan informasi dari media tempo yang dilansir pada tanggal 05 juli 2016 diinformasikan bahwa angka kecelakaan pada tahun ini menurun 25% dibandingkan tahun lalu dimana pada tahun 2015 tercatat 1.022 kecelakaan sedangkan pada tahun 2016 tercatat 856 kecelakaan… menurut direktur jendral perhubungan darat kementrian perhubungan Pudji Hartanto mengatakan untuk penyebab kecelakaan yang terjadi adalah dikarenakan penerangan dan daya konsentrasi yang kurang dari pengemudi.

kecelakan saat mudik

Dimana berdasarkan saran dari Bapak Pudji menginformasikan agar pengemudi sepeda motor tidak mengendarai motor dimalam hari…dan desmotoblog sendiri juga setuju dengan informasi tersebut, dikarenakan pada malam hari merupakan waktu untuk beristirahat dan baiknya melanjutkan perjalanan pada saat pagi hari..

Dan berdasarkan informasi dari Nasional Trafic Management Center Korlantas Polri menginformasikan bahwa kebanyakan korban adalah dari pengendara sepeda motor yang mencapai 53% dari total yang tercatat. Melihat kondisi tersebut memang sepeda motor adalah penyebab faktor tingginya kecelakaan, kemugkinan dikarenakan motor menggunakan Roda Dua dan memerlukan konsentrasi tinggi saat mengendarai.

Untuk kondisi tersebut mungkin memang seharusnya pemerintah khususnya kepolisian memberikan pelatihan kepada para pemudik yang ingin mudik dengan sepeda motor dan memberikan surat izin khusus kepada pemilik sepeda motor yang ingin mudik atau terus memberikan himbauan kepada masyarakat yang mudik dengan sepeda motor untuk berhenti saat malam hari dan berisirahat di rest area yang sudah disediakan..

Dengan kondisi tersebut mungkin pendapat dari Desmotoblog:

  1. Istirahat dimalam hari dan kembali melanjutkan perjalanan di pagi hari
  2. Melakukan pengecekan terhadap kondisi sepeda motor dimana penerangan menjadi salah satu penyebab timbulnya kecelakaan
  3. Menjaga konsentrasi dimana motor kendaraan roda dua sehingga memerlukan konsentrasi tinggi.
  4. Usahakan saat mudik bareng dengan pengendara lain atau konvoi dengan teman sekampung atau satu tujuan, hal ini untuk saling menjaga bila pengendara lain lelah atau mengantuk.
Iklan

Penulis: desmotoblog

Belajar mengubah sikap menjadi lebih baik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s