Yamaha dan Honda di sidang oleh KPPU terbukti 25 M dendanya

Kemaren tanggal 19 July 2016 PT Yamaha Indonesia Motor Mfg. dan Astra Honda Motor selaku pemegang agen merek sepeda motor di Indonesia mendapat panggilan dari KPPU berkaitan dengan kasus Kartel yang pernah dilaporkan sesuai berdasarkan artikel desmotoblog sebelumnya. Pemanggilan ini rupanya menggelar sidang perdana Pemeriksaan Pendahuluan dugaan praktek persaingan usaha tidak sehat di industri sepeda motor yang dilakukan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing sebagai Terlapor I; dan PT Astra Honda Motor sebagai Terlapor II.

logo-kppu

Dimana perkara yang merupakan inisiatif KPPU ini digelar setelah KPPU melakukan serangkaian investigasi terhadap praktek usaha di industri sepeda motor yang pada akhirnya diduga mengakibatkan konsumen tidak dapat memperoleh harga beli sepeda motor yang kompetitif. Dalam sidang perdana yang akan berlangsung terbuka untuk umum dan dipimpin oleh Majelis Komisi ini, Investigator KPPU akan membacakan/menyerahkan Laporan Dugaan Pelanggaran (LDP) kepada pihak-pihak yang menjadi Terlapor dalam perkara dimaksud.

Benarkah demikian hal tersebut, nah kalo berdasarkan pandangan dari blogger 7leopold7 bahwa dalam memasarkan satu produk tentunya diikuti dengan beberapa item yang memang tidak bisa di tinggalkan seperti “pajak, biaya marketing, Promosi, transportasi, biaya pengembahan, serta biaya tidak jelas “the cost of doing business” dan lain-lain. Sehingga muncul harga seperti yang saat ini ada.

Namun apabila memang dalam sidang yang digelar oleh KPPU terbukti bahwa Yamaha dengan Honda melakukan kartel maka Yamaha dan Honda akan terancam sanksi denda sebesar 25 Millyard…wow itu merupakan angka fantastis dan bisa didapatkan. Bila di bayangkan itu memang terjadi, maka selanjutnya akan terjadi pengurangan pekerjan besar-besaran oleh kedua pabrikan tersebut. Dimana Selanjutnya, dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari kerja (jangka waktu Pemeriksaan Pendahuluan terhitung sejak 19 Juli 2016 s.d 30 Agustus 2016) Terlapor memiliki hak untuk menyampaikan tanggapan atas tuduhan dugaan pelanggaran sebagaimana dicantumkan dalam LDP.

Saat ini blogger Desmotoblog hanya bisa menunggu kepastian dari hasil sidang tersebut, desmotoblog hanya berharap hasil yang terbaik dan dicarikan win-win solusi akan kasus ini apakah memang benar melakukan kartel atau tidak dan semoga Pabrikan Yamaha dan Honda diberi ketabahan……(lebay)…..

Nah bagaimana menurut agan-agan semua mengenai hal ini…….

salam

Desmotoblog

Iklan

Penulis: desmotoblog

Belajar mengubah sikap menjadi lebih baik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s