Penjualan sagnan…AHM pastikan menang

Seperti diketahui bahwa pada bulan July 2016 kemaren dua pabrikan sepeda motor terbesar di Indonesia Honda dan Yamaha dipanggil oleh KPPU berkaitan dengan kasus kartel penjualan sepeda motor type Matic. Dan pada Yamaha Motor Indonesia melalui Vice President Dionisius Beti sudah memberikan penjelasan kepada pihak KPPU berkaitan dengan harga jual dari type motor matic.

Belakangan diketahui saat ini penjualan sepeda motor Honda ataupun Yamaha sedang lesu dan terus mengalami penurunan, banyak yang mengatakan bahwa penurunan ini disebabkan karena kondisi perekonomian dan daya beli masyarakat yang turun, seperti disampaikan oleh radartegal.com “Penjualan Motor merek honda di bulan Mei 2016 tercatat 461.506 unit à Turun 3.5% dari bulan sebelumnya”

Namun dibaliknya turun penjualan sepeda motor ternyata Astra Honda Motor (AHM) berhasil mengukuhkan penjualan sebanyak 1.778.369 periode Jan – Mei 2016 atau memimpin pasar sebesar 72.8% dengan kondisi tersebut sepertinya sudah dipastikan di akhir tahun 2016 Astra Honda Motor sudah menguasai pangsa pasar sebesar 70% lebih.

Seperti berita yang dilansir oleh Sindonews. Banyak pengamat automotive memprediksi bahwa untuk di tahun 2016 penjulan sepeda motor akan mengalami stagnan diperkirakan akan sama dengan tahun 2015. Dimana bila pada semester II ini penjualan sepeda motor tidak mengalami perubahan yang signifikan (daya beli masyarakat kurang) maka diprediksi penjualan hanya berkisar 6-6.2 juta unit.

Sepertinya saat ini memang masyarakat lebih memilih untuk menahan pembelian unit sepeda motor baru dikarenakan mungkin beberapa Isu yang berkembang saat ini seperti :

1.       Pilkada

2.       Kejelasan KPPU mengenai harga sepeda motor.

3.       Kebijakan pemerintah mengenai Investasi

4.       Dan mungkin yang lainnya

Iklan

Penulis: desmotoblog

Belajar mengubah sikap menjadi lebih baik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s